Asal Usul Nama Dimas Pettigrew



“Hei, Sir Pettigrew,” sapa sahabatku berambut hitam jambul hitam yang duduk di bangku sampingku setelah memasuki kelas di barisan paling depan.
Aku membalas “Hai, Yoso,”
Sahabatku bertanya sambil menatapku dengan tersenyum “Kenapa namamu Dimas Pettigrew?”
Aku pun memikirkan alasan mengapa aku memakai nama pena Dimas Pettigrew. Aku pun memikirkan banyak yang bilang kalau nama tersebut diambil dari nama karakter antagonis dalam serial Harry Potter, Peter Pettigrew, tetapi hal itu bukan menjadi alasan mengapa aku mengadopsi nama pena itu. Aku juga tidak menyangka apa menjadi alasan diriku mengadopsi nama pena tersebut.
Sebelum aku bisa menjawab, Yoso berkata lagi “Oh, aku tahu, Bro! Pettigrew adalah gabungan dari ‘Petti’ dan ‘Grew’. ‘Petti’ itu Krabby Patty, kalau ‘Grew’ itu tumbuh, ‘kan?”
“Yoso...”
“Artinya Pettigrew itu Krabby Patty yang tumbuh, ‘kan?”
Aku benar-benar ingin tertawa geli tapi kutahan karena itu merupakan alasan yang salah, lagipula ‘Petti’ bukanlah bagian dari Krabby Patty. Aku lama kelamaan berpikir apa alasanku untuk mengadopsi nama pena Dimas Pettigrew.
Yoso berkata lagi sambil tertawa “Ya ‘kan? Pettigrew artinya Krabby Patty yang tumbuh?”
Aku membantah “Bukan, Bro, Pettigrew bukan berarti kayak gitu.”
“Jadi apa artinya?”
Aku berpikir kembali apa arti dari nama tersebut, bukannya menjawab, aku malah melanjutkan mengetik sebuah novel pada laptopku, aku mengetik dengan cepat dan lancar hingga hampir tidak ada yang salah dan typo.
Yoso memandangku dengan sinis “Dimas, ayolah jawab dong...”
Lalu aku mengambil ponselku dari saku celanaku untuk mengecek Twitter-ku. Aku masih memikirkan apa jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan Yoso.
Aku akhirnya menjawab “Ya, bagiku, aku terinspirasi dari nama seorang selebritis. Banyak yang bilang aku mengambil nama itu dari Peter Pettigrew, tapi itu salah besar.”
“Jadi itu jawabanmu?” Yoso heran.
Aku tersenyum “Kurasa ya,”
Yoso terlihat sangat tidak puas dengan jawabanku, ia malah komplain “Itu bukan jawaban yang kucari, Mas!”

Aku tertawa geli membalas tanggapan Yoso atas jawabanku.

Comments

Popular Posts